LINGKAR BELAJAR FORUM PEMUDA SORIK MARAPI

Gambar

Roburan Lombang merupakan salah satu Desa di Kecamatan Lembah Sorik Merapi. Desa ini termasuk salah satu dari 99 desa  masuk dalam Konsesi Wilayah PT. Sorik Merapi Geother  Power. Perusahaan PT.SMGP merupakan Perusahaan Pertambangan yang memiliki Ijin Usaha Pertambangn Panas Bumi. Mayoritas kepemilikan saham perusahaan ini dimiliki pihak asing diperkirakan hanya 5% saham BUMN dan lainnya Australia, Selandia dan India. Berdasarkan keterangan warga Masyarakat Roburan Lombang Wilayah Konsesi PT.SMGP seluas 60.000 Ha.

Kehadiran Perushaan Panas Bumi ini sangat mengusik kenyamanan dan ketenteraman Masyarakat setempat dalam Aktivitas kesehariannya. Karena lahan-lahan Pertanian Warga masuk dalam Wilayah Konsesi Perusahaan PT.SMGP yang mayoritas Masyarakat menggantungkan hidup pada Pertanian. Hal ini yang membuat Komunitas Pemuda Roburan Lombang  membentuk suatu wadah menjadi Ruang diskusi buat Komunitas pemuda dalam menyikapi keberadaan PT.Sorik Merapi Geothermal Power.

Tanggal 31 mey 2013 lalu,Komunitas Pemuda Kecamatan Lembah Sorik Merapi resmi Mendeklarasikan Forum Pemuda Sorik Marapi sebagai forum Diskusi untuk menyikapi setiap persolan yang ada di Wilayah tersebut. Deklarasi ini dihadiri Wakil Bupati Mandaling Natal dan kepala Dinas Pemuda dan olah raga karena bersamaan dengan hari pembukaan Kompetisi Bola Kaki Sekecamatan LEMBAH Sorik Merapi. Dalam deklarasi tersebut Tan Gozali merupakan Aktivis Lingkungan terpilih menjadi Kordinator forum Pemuda Sorik Marapi.

Pada kesempatan deklarasi tersebut,Tan Gozali selaku kordinator menyampaikan kedepan komunitas pemuda kecamtan Lembah Sorik Merapi harus lebih kritis lagi melihat keberadan Perusahaan Tambang Panas Bumi. Karena keberadan perusahaan dapat mengancam keselematan warga dan keberadaannya merupakan proses pemiskinan bukan mensejahtrakan. Sampai sekarang ini,baik Pihak Perusahaan maupun Pemerintah belum memiliki itikat baik dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi atas keberadaan PT.Sorik Merapi Geothermal Power.

Untuk mendak lanjuti  yang disampaikan kordinator forum Pemuda Sorik Marapi,JATAM Madina bersama Forum Pemuda Sorik Marapi,Organisasi Konservasi Rakyat dan beberapa Aktivis yang peduli dengan Lingkungan untuk mendiskusikan lebih lanjut. Dalam diskusi tersebut Forum ini menjadi forum belajar bersama atau bisa disebut dengan lingkar belajar  untuk membangun suatu gerakan yang peduli terhadap lingkungan.