PROSES PENGOLAHAN MOL

PROSES PENGOLAHAN MOL

MOL adalah singkatan dari Mikro Organisme Lokal yang berpungsi sebagai Pupuk Organik atau Pertisida Organik. Bakteri yang terkandung di dalamnya dapat kita manfaat untuk mempercepat penguraian sampah menjadi Kompos Organik. MOL juga di pasarkan di toko-toko pertanian atau di Trubus yang di sebut dengan E4 seharga Rp 40.000 / botol.
Peroses pembuatan MOL sangat mudah dan sederhana. Disamping bahannya mudah di dapat biaya yang di butuhkan juga sangat ekonomis. Bahan dan cara pembuatan MOL antara lain:
1. Gula Merah ¼ Kg
2. Trasi 2 ons
3. Tapai ¼ Kg
4. Wadah (Jerigen isi 5 Liter)

Haluskan ke tiga bahan tersebut sebelum di masukkan kedalam jerigen,campur dengan air biasa atau bisa juga dengan sisa air cucian beras. Diamkan selama 5 hari untuk prooses pengembangan bakteri yang terkandung didalamnya. Lalu simpan di tempat lembab yang tidak terkena langsung cahaya matahari dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

MOL yang sudah siap pakai di campur dengan air secukupnya. Lalu siramkan ke sampah yang sudah di piilah-pilah antara sampah Organik dan non Organik secara merata. Lakukan berulang-ulang setiap jarak tiga hari. Dalam duapuluh satu hari sampah tersebut akan berubah menjadi kompos Organik yang sudah siap pakai.
SELAMAT MENCOBA…